Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UNISS Kendal

Ada berita terbaru nih?

Di Kendal sudah ada Universitas sekarang, namanya Universitas Selamat Sri (UNISS), letaknya strategis banget di Jalan Soekarno Hatta Km 3 Kendal, dekat STIESS, kantor kedinasan, SMA dan SMP Pondok Modern Selamat, SMAN 1 Kendal, SMKN 1 Kendal, SMPN 3 Patebon, serta PERUMDA Kendal.

UNISS juga punya program studi yang lagi ngetrend, yaitu PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA disingkat PWK, namun ada juga yang menyebut PLANOLOGI. PWK ada di naungan Fakultas Teknik dan Rekayasa UNISS

Apa yang ngetrend dari PWK?

Berikut disajikan sekilas tentang PWK

Majunya peradaban serta teknologi, berdampak pada pembangunan berbagai infrastruktur wilayah dan kota. Pembangunan tersebut harus direncanakan dengan benar, agar tidak terjadi kesemrawutan tata ruang kota. Adapun masalah yang sering timbul dari tata ruang kota antara lain berupa pengendalian perkembangan fisik kota yang menembus batasan administrasi, fungsional kawasan tidak sesuai peruntukannya, pengendalian tata bangunan seperti ketinggian bangunan, pemadatan bangunan, dan pelanggaran garis sempadan. Kontribusi lain berupa perkembangan bangunan multifungsi dan ruang terbuka hijau menjadi bangunan komersial, hilangnya bangunan bersejarah, serta kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas yang sulit dihindari. Hal tersebut bila tidak dikendalikan akan memunculkan permasalahan yang memprihatinkan keberlangsungan kehidupan. Oleh sebab itu diperlukan perencanaan tata ruang yang memberikan ruang yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu, diperlukan ahli perencana yang terdidik dan terlatih pada suatu lembaga pendidikan.

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota dibekali ilmu-ilmu yang berhubungan dengan tata ruang wilayah dan kota, geografi, lingkungan, sosial budaya, hukum, ekonomi pembangunan, moral dan etika. Mahasiswa perencana wilayah dan kota mendalami tata ruang wilayah dan kota, pemukiman dan perumahan, pengelolaan wilayah pesisir dan kawasan wisata, real estate, serta mitigasi bencana. Mahasiswa juga dibekali studio proses perencanaan, studio perencanaan kota, studio perencanaan wilayah, dan studio perencanaan tapak. Mahasiswa lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota dibekali cara pembuatan dan pemeliharaan urban farming, maket perencanaan wilayah, dan kemampuan memprsentasikan karya. Harapannya luaran dari perencanaan wilayah dan kota Uniss siap bekerja di berbagai aspek perencanaan wilayah dan kota,serta mampu menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tempat bekerja dengan tetap mengedepankan etika dan kedisiplinan kerja.

Berapa Biaya Kuliah di PWK UNISS ?

Biaya kuliah di Program Studi PWK UNISS sangat terjangkau, yakni hanya biaya operasional Rp 250.000,- per bulan, biaya Semesteran Rp 150.000,- per semester, dan dana kemahasiswaan Rp 90.000,- per semester. Mahasiswa tidak dibebani biaya tiap SKS dan tidak pula dibebani Sumbangan Pengembangan Lembaga (SPL). Hanya dengan biaya tersebut, mahasiswa dapat menempuh pendidikan tinggi di PWK UNISS.

Seperti Apa Model Perkuliahan di PWK UNISS ?

Perkuliahan program studi Perencanaan Wilayah dan Kota UNISS dilaksanakan dalam 2 (dua) model, yakni Kelas Reguler Pagi dan Kelas Reguler Sore. Kelas Reguler Pagi dilaksanakan antara  hari Senin – Sabtu pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai, sedangkan untuk kelas sore dilaksanakan antara hari Senin – Sabtu pukul 16.30 – 21.30 WIB.

Ruang kuliah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) dan LCD Projector. Selain perkuliahan di dalam ruangan PWK juga mengadakan kuliah praktek di laboratorium dan lapangan. Mahasiswa juga dibekali pelatihan pembuatan karya ilmiah sebagai bekal dalam penyusunan skripsi, serta kegiatan lain yang bermanfaat dan menambah nilai lebih dari seorang planner.

Mengapa Memilih PWK?

Terbukanya peluang yang sangat besar bagi perencana wilayah dan kota yang mampu menawarkan solusi terhadap permasalahan tata guna ruang yang semakin kompleks, seperti keterbatasan lahan, peningkatan jumlah penduduk, masalah lingkungan, konflik sosial sebagai pengguna ruang, serta disparitas ekonomi.

Masih Penasaran?

Silakan segera bergabung dan mendaftarkan diri di PWK UNISS

Syarat pendaftaran

FC Ijazah SMA/SMK/MA/sederajat    1 lembar

FC SKHUN SMA/SMK/MA/Sederajat

Pas Foto Berwarna Terbaru ukuran 4×6

FC Kartu Tanda Penduduk (KTP)

FC Kartu Keluarga (KK)

Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-

Bisa juga kunjungi kami di website : ppmb.uniss.ac.id untuk mendapatkan informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*